Langsung ke konten utama

Perbedaan Antara Speaker Subwoofer dan Woofer




Untuk Anda yang senang mendengarkan lagu dan menikmati suara yang dihasilkan dari full range speaker, tentu sudah tidak asing lagi untuk membedakan antara speaker subwoofer dan woofer. Kedua speaker tersebut memang memiliki kegunaan yang hampir sama, namun terdapat karakteristik yang berbeda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui perbedaan speaker subwoofer dan woofer, yuk!

Mengenal Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer


Perlu kita ketahui terlebih dahulu dasar dari perbedaan speaker subwoofer dan woofer. Speaker woofer merupakan sebuah speaker yang mampu mengeluarkan frekuensi nada menengah hingga rendah. Suara yang dihasilkannya masih memiliki cakupam yang lebih luas, mencakup antara 20Hz sampai 2KHz. Sebuah woofer memiliki hasil yang baik, sehingga cocok untuk memutar musik hanya dengan mengandalkan sebuah woofer saja. 

Baca juga : https://indonesiaartikel.com/cara-mudah-membuat-speaker-mini/

Karena karakter frekuensinya yang lebar, woofer tidak cocok untuk menghasilkan kualitas suara dengan spektrum yang jauh lebih detail. Anda akan memerlukan speaker khusus yang mampu menghasilkan suara lebih penuh lagi, salah satunya dengan mengandalkan subwoofer.

Subwoofer memiliki rentang frekuensi yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan woofer. Range suara yang dihasilkannya bisa berkisar dengan rentang antara 20Hz hingga 200Hz. Semakin besar driver suara yang ada pada sebuah subwoofer, maka dentuman dari bassnya akan semakin terasa.
Kekurangan dari sebuah speaker subwoofer adalah tidak mampu menghasilkan suara dengan kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu apabila Anda hendak memasang sebuah subwoofer, ada baiknya apabila digabungkan dengan woofer ataupun berbagai speaker lain yang mendukung rentang suara yang lebih luas lagi.

Baca juga  : https://itstillworks.com/passive-subwoofer-vs-powered-subwoofer-6719585.html

Selain itu karena subwoofer memiliki ukuran fisik yang jauh lebih besar dari woofer, maka Anda akan memerlukan tempat penyimpanan yang jauh lebih besar lagi. Karakter fisik yang besar tersebut menjadikan subwoofer kurang tepat untuk Anda yang memiliki ruangan kecil. Subwoofer juga memerlukan daya yang lebih besar dari sebuah amplifier untuk menghasilkan dentuman bass yang lebih bertenaga.

Setelah mengetahui perbedaan speaker subwoofer dan woofer, Anda jadi bisa menentukan kombinasi speaker apa yang paling tepat untuk keperluan Anda. Selebihnya pilihan akan jatuh kepada selera Anda masing-masing.

Baca juga : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Lama Roti Bertahan Ketika Disimpan?

Cara Merawat Kawat Gigi Agar Tidak Bermasalah Serius