Langsung ke konten utama

Cara Merawat Kawat Gigi Agar Tidak Bermasalah Serius





Kawat gigi memiliki banyak celah yang bisa dimasuki makanan dan plak. Jika sisa makanan yang tersangkut kawat tidak segera dibersihkan, sisa makanan ini akan membentuk noda di permukaan gigi. Jadi nanti saat kawat dilepas, gigi Anda akan kelihatan berwarna cokelat dan kotor. Orthodontist menyarankan untuk gosok gigi dan memakai benang gigi setidaknya dua kali sehari terutama setiap kali sehabis makan dan menggunakan larutan mouthwash untuk membilas seluruh ruang dalam mulut. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi khusus pemakai kawat yang bentuk bulu sikatnya berbeda dari sikat gigi biasa.

Makanan yang harus dihindari

Pemakai kawat gigi masih bisa menikmati makanan apa saja seperti saat mereka sebelum memakai kawat gigi jika dipotong kecil-kecil. Namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena makanan-makanan ini bisa mematahkan kawat atau mengendurkannya. Makanan-makanan tersebut adalah:

·         Makanan yang keras digigit seperti apel dan wortel
·         Makanan yang alot dan susah dikunyah seperti permen karamel.
·         Makanan yang berpotensi nyelip di kawat gigi seperti jagung langsung dari bonggolnya, popcorn, dan kacang-kacangan.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi saat memakai kawat gigi

Masalah tentu saja tidak bisa dihindari saat memakai kawat. Tapi jika Anda mengerti bagaimana cara mengatasinya, maka masalah ini tidak akan membuat Anda kesusahan lagi.

·   Bracket lepas. Balok besi yang menempel di gigi sering kali bisa terlepas begitu saja dari permukaan gigi. Anda bisa menempelkannya kembali untuk sementara dengan lem atau wax orthodontic sampai Anda melakukan kunjungan rutin berikutnya ke dokter gigi. Lem orthodontic biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi masalah seperti ini.

· Kawat lepas. Anda tidak perlu melakukan apa-apa kalau ada kawat yang terlepas karena memang tidak ada yang bisa Anda lakukan. Simpan kawat yang lepas dan berikan pada dokter gigi untuk diperbaiki.

 ·     Kawat bengkok ke luar. Jika ada kawat yang bengkok dan menonjol ke luar, gunakan penghapus yang biasanya terdapat di ujung pensil untuk mendorong kawat ke posisi semula. Olesi wax orthodontic di ujung kawat yang bengkok. Jadi nanti saat kawat sudah kembali ke posisi semula, kawat ini akan menempel dengan ujung kawat sebelumnya. Jangan coba-coba memotong kawat ini karena kawat bisa saja tertelan atau terhirup masuk ke paru-paru. Kalau kawat gigi menusuk bagian dalam mulut sampai menimbulkan sariawan, kumur-kumur dengan air garam hangat atau larutan antiseptik untuk mencegah infeksi. Beritahu dokter masalah yang Anda alami di kunjungan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Lama Roti Bertahan Ketika Disimpan?

Ada beberapa masyarakat yang bertanya berapa lama roti bertahan?. Memang masa roti tidak bisa bertahan lama. Roti yang berpengawet pun hanya memiliki masa aktif tidak sampai bulanan berbeda dengan makanan kemasan yang rata-rata memiliki masa kedaluarsa yang lama. Masa simpan maupun masa kedaluarsa pada roti ini harus diperhatikan dengan baik hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang suka mengonsumsi roti ini. Memang mengonsumsi roti bukanlah kebiasaan masyarakat Indonesia namun banyak menyukainya dikarenakan praktis. Ketika tidak sempat sarapan, banyak yang menjadikan   roti ini sebagai bekal untuk pengganjal perut. Lalu berapa lama roti bertahan?, simak penjelasannya berikut ini: Baca juga : Sari Roti Suhu Ruang Salah satu roti yang sering disimpan dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah roti tawar. Roti tawar ini bisa menjadi pengganti sarapan atau bekal yang praktis dan tidak ribet, oleh sebab itulah banyak yang menyukainya dan menyimpannya. Di

Keuntungan Asuransi Jiwa, Proteksi Masa Depan Lebih Baik

Keuntungan asuransi jiwa  faktanya diapresiasi oleh siapa saja yang cermat dan waspada akan segala kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Ya, banyak orang yang apatis dengan keberadaan asuransi karena memang saat ini yang bersangkutan sedang dalam keadaan baik-baik saja secara fisik dan finansial. Dan, kecenderungan dari mereka yang apatis ini adalah kurang waspada terhadap kemungkinan di masa mendatang. Nyatanya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, apakah akan mengalami krisis keuangan atau secara fisik kurang sehat. Asuransi jiwa adalah kesepakatan yang dibuat oleh tertanggung dan penanggung saat tertanggung meninggal dunia. Sewaktu pemegang polis meninggal dunia, pihak perusahaan akan membayarkan kepada ahli waris atau siapa yang ditunjuk dalam kesepakatan mengenai uang santunan yang sejatinya adalah akumulasi dari premi bulanan yang dibayarkan oleh pemegang polis selama hidupnya.  Keuntungan asuransi jiwa  yang akan diperoleh adalah:

Proses Mudah dalam Memaksimalkan Peluang Ekspor UKM

Bagi seluruh pelaku UKM, pastinya mengembangkan bisnis menjadi salah satu hal menarik yang bisa dilakukan. Ada banyak sekali peluang yang bisa dilakukan, termasuk juga besarnya peluang  ekspor UKM  yang bisa dicoba. Tentu saja, anda perlu berjuang ekstra untuk memudahkan proses usaha anda menembus pasar export. Pastinya, anda perlu memastikan bahwa produk yang anda tawarkan diminati oleh pasar luar negeri. Banyak sekali produk UKM yang memang diminati di pasar luar negeri, termasuk diantaranya ialah produk UKM berupa kerajinan tangan atau handicraft, produk perikanan, produk furniture, produk fashion, produk kuliner atau olahan pangan, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk memahami proses atau alur untuk memulai ekspor barang atau produk UKM anda. Proses untuk memulai ukm ekspor tidaklah sulit, terlebih jika anda benar-benar sudah memahami hal ini. Jadi, bagaimana proses ekspor produk atau barang UKM tersebut? secara umum, di bawah ini ialah proses yang harus dilalui.