Langsung ke konten utama

Cara Merawat Kawat Gigi Agar Tidak Bermasalah Serius





Kawat gigi memiliki banyak celah yang bisa dimasuki makanan dan plak. Jika sisa makanan yang tersangkut kawat tidak segera dibersihkan, sisa makanan ini akan membentuk noda di permukaan gigi. Jadi nanti saat kawat dilepas, gigi Anda akan kelihatan berwarna cokelat dan kotor. Orthodontist menyarankan untuk gosok gigi dan memakai benang gigi setidaknya dua kali sehari terutama setiap kali sehabis makan dan menggunakan larutan mouthwash untuk membilas seluruh ruang dalam mulut. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi khusus pemakai kawat yang bentuk bulu sikatnya berbeda dari sikat gigi biasa.

Makanan yang harus dihindari

Pemakai kawat gigi masih bisa menikmati makanan apa saja seperti saat mereka sebelum memakai kawat gigi jika dipotong kecil-kecil. Namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena makanan-makanan ini bisa mematahkan kawat atau mengendurkannya. Makanan-makanan tersebut adalah:

·         Makanan yang keras digigit seperti apel dan wortel
·         Makanan yang alot dan susah dikunyah seperti permen karamel.
·         Makanan yang berpotensi nyelip di kawat gigi seperti jagung langsung dari bonggolnya, popcorn, dan kacang-kacangan.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi saat memakai kawat gigi

Masalah tentu saja tidak bisa dihindari saat memakai kawat. Tapi jika Anda mengerti bagaimana cara mengatasinya, maka masalah ini tidak akan membuat Anda kesusahan lagi.

·   Bracket lepas. Balok besi yang menempel di gigi sering kali bisa terlepas begitu saja dari permukaan gigi. Anda bisa menempelkannya kembali untuk sementara dengan lem atau wax orthodontic sampai Anda melakukan kunjungan rutin berikutnya ke dokter gigi. Lem orthodontic biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi masalah seperti ini.

· Kawat lepas. Anda tidak perlu melakukan apa-apa kalau ada kawat yang terlepas karena memang tidak ada yang bisa Anda lakukan. Simpan kawat yang lepas dan berikan pada dokter gigi untuk diperbaiki.

 ·     Kawat bengkok ke luar. Jika ada kawat yang bengkok dan menonjol ke luar, gunakan penghapus yang biasanya terdapat di ujung pensil untuk mendorong kawat ke posisi semula. Olesi wax orthodontic di ujung kawat yang bengkok. Jadi nanti saat kawat sudah kembali ke posisi semula, kawat ini akan menempel dengan ujung kawat sebelumnya. Jangan coba-coba memotong kawat ini karena kawat bisa saja tertelan atau terhirup masuk ke paru-paru. Kalau kawat gigi menusuk bagian dalam mulut sampai menimbulkan sariawan, kumur-kumur dengan air garam hangat atau larutan antiseptik untuk mencegah infeksi. Beritahu dokter masalah yang Anda alami di kunjungan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Lama Roti Bertahan Ketika Disimpan?

Perbedaan Antara Speaker Subwoofer dan Woofer